SUMBER DAYA KONSUMEN
DAN PENGETAHUAN
Pengertian sumber daya ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah alat
yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang
atau jasa.
Sumber Daya Sementara
a.
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala
mengkonsumsinya. Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang)
Tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
b.
Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen
meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput,
fast food.
Sumber Daya Kognitif
adalah kepemimpinan teori psikologi
industri dan organisasi yang dikembangkan oleh Fred Fiedler dan Joe Garcia pada
tahun 1987 sebagai konseptualisasi dari model kontingensi Fiedler . Teori ini
berfokus pada pengaruh pemimpin intelijen dan pengalaman tentang nya atau
reaksinya terhadap stres .Inti dari teori ini adalah bahwa stres adalah musuh
rasionalitas, merusak kemampuan pemimpin untuk berpikir logis dan analitis.
Namun, pengalaman pemimpin dan kecerdasan dapat mengurangi pengaruh stres pada
(atau dia) nya tindakan: kecerdasan adalah faktor utama dalam situasi stres
rendah, sementara jumlah pengalaman selama lebih selama-saat stres.
Pengetahuan Organisasi
Pengetahuan Konsumen akan
Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi
yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan
lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai
konsumen.
(1) Pengetahuan tentang
karakteristik/atribut produk
(2) Pengetahuan tentang manfaat
produk
(3) Pengetahuan tentang kepuasan yg
diberikan produk kepada konsumen.
(1) Manfaat Fungsional, yaitu
manfaat yg dirasakan konsumen secara fisiologis
(2) Manfaat Psikososial, yaitu
aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi
suatu produk.
SIKAP, MOTIVASI , DAN
KONSEP DIRI
A. Pengertian Sikap
Menurut Gordon
Allpor dalam Hartono Sastro wijoyo(2005), Sikap adalah Mempelajari
kecenderungan memberikan tanggapan pada suatu obyek baik disenangi maupun tidak
disenangi secara konsisten. Sikap dalam kamus marketing (1995) juga di
definisikan sebagai kondisi mental atau akal budi tertentu yang mencerminkan
suatu pandangan pribadi yang negatif atau positif mengenai suatu obyek atau
konsep, atau suatu keadaan acuh tak acuh yang menunjukan titik tengah (mid
point) diantara dua titik ataupun dua pokok yang saling berlawanan.
B.
Fungsi sikap
Sikap mempunyai fungsi sebagai
berikut :
1. Fungsi Penyesuaian
2. Fungsi Pertahanan Diri
3. Fungsi Ekspresi Nilai
4. Fungsi Pengetahuan
1. Fungsi Penyesuaian
2. Fungsi Pertahanan Diri
3. Fungsi Ekspresi Nilai
4. Fungsi Pengetahuan
5. fungsi
Utilitarian
6. fungsi
pembelaan ego
7. Fungsi
pembelaan ego atau fungsi pertahanan harga diri
8. fungsi nilai
ekspresif/fungsi identitas social
C.
Komponen Sikap
Ada tiga komponen
yang secara bersama-sama membentuk sikap yang utuh (total attitude)
yaitu :
a. Kognitif (cognitive).
b. Afektif (affective)
c. Konatif (conative)
D. Pengertian Motivasi
Motivasi dapat diartikan sebagai
pemberi daya penggerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau
bekerjasama,bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk
mencapai kepuasan.motivasi konsumen adalah keadaan di dalam pribadi seseorang
yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan guna
mencapai suatu tujuan. Dengan adanya motivasi pada diri seseorang akan
menunjukkan suatu perilaku yang diarahkan pada suatu tujuan untuk mencapai
sasaran kepuasan. Jadi motivasi adalah proses untuk mempengaruhi seseorang agar
melakukan sesuatu yang diinginkan.
E.
Tujuan motivasi konsumen
Tujuan motivasi
konsumen :
1. meningkatkan
kepuasan
2. mempertahankan
loyalitas
3. efisiensi
4. efektivitas
5. menciptakan
suatu hubungan yang harmonis antara produsen atau penjual dengan pembeli atau
konsumen.
KEPRIBADIAN,
NILAI, GAYA HIDUP
Kepribadian
Kepribadian
adalah karakteristik psikologis seseorang yang menentukan dan merefleksikan
bagaimana seseorang merespon lingkungannya(Schiffman dan Kanuk,2000).
Berdasarkan definisi ini maka bias disimpulkan bahwa yang ditekankan adalah
karakter-karakter internal termasuk didalamnya berbagai atribut,sifat,tindakan
yang membedakan dengan orang lain.
Dimensi kepribadian :
1. ekstraversi
2. sifat menyenangkan
3. sifat mendengarkan kata hati
4. kemantapan emosional
5. keterbukaan terhadap pengalaman
1. ekstraversi
2. sifat menyenangkan
3. sifat mendengarkan kata hati
4. kemantapan emosional
5. keterbukaan terhadap pengalaman
Nilai
Pola yang
dapat kita lihat dari nilai adalah perubahan perilaku dan alas an seseorang
dalam membelanjakan uang atau sumberdaya yang mereka kelola dan
mereka miliki. Semakin tinggi mereka menilai dari suatu barang dan jasa
terhadap kehidupan,maka akan makin tinggi pula apresiasi mereka dalam memandang
barang dan jasa tersebut dari segi konsumsi.
Gaya
Hidup
Gaya
hidup menurut Plummer (1983) gaya hidup adalah cara hidup
individu yang di identifikasikan oleh bagaimana orangmenghabiskan waktu mereka
(aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya(ketertarikan)
dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitar.
SUMBER :
http://genryusai.wordpress.com/2011/12/19/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/
http://delviadelvi.wordpress.com/2011/01/20/sikap-motivasi-dan-konsep-diri-terhadap-perilaku-konsumen/
http://fachruramadhan.blogspot.com/2012/12/kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup_3.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar