SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
Pengertian sumber daya ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang atau jasa.
Sumber Daya Sementara
a. Barang yang
Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya.
Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang) Tidur, perawatan
pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
b. Barang
Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan
waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
Pengetahuan Organisasi
Pengetahuan
Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen.
(1) Pengetahuan tentang karakteristik/atribut produk
(2) Pengetahuan tentang manfaat produk
(3) Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada
konsumen.
(1) Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yg dirasakan konsumen secara
fisiologis
(2) Manfaat Psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial
yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk.
SIKAP,
MOTIVASI , DAN KONSEP DIRI
A. Pengertian Sikap
Menurut
Gordon Allpor dalam Hartono Sastro wijoyo(2005), Sikap adalah Mempelajari
kecenderungan memberikan tanggapan pada suatu obyek baik disenangi maupun tidak
disenangi secara konsisten.
B. Fungsi sikap
Sikap
mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Fungsi Penyesuaian
2. Fungsi Pertahanan Diri
3. Fungsi Ekspresi Nilai
4. Fungsi Pengetahuan
1. Fungsi Penyesuaian
2. Fungsi Pertahanan Diri
3. Fungsi Ekspresi Nilai
4. Fungsi Pengetahuan
5.
fungsi Utilitarian
6.
fungsi pembelaan ego
7.
Fungsi pembelaan ego atau fungsi pertahanan harga diri
8.
fungsi nilai ekspresif/fungsi identitas social
C. Komponen Sikap
Ada
tiga komponen yang secara bersama-sama membentuk sikap yang utuh (total
attitude) yaitu :
a.
Kognitif (cognitive).
b.
Afektif (affective)
c.
Konatif (conative)
D. Pengertian Motivasi
Motivasi
dapat diartikan sebagai pemberi daya penggerak yang menciptakan kegairahan
seseorang agar mereka mau bekerjasama,bekerja efektif dan terintegrasi dengan
segala upayanya untuk mencapai kepuasan.motivasi konsumen adalah keadaan di
dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan
kegiatan-kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Dengan adanya motivasi pada diri
seseorang akan menunjukkan suatu perilaku yang diarahkan pada suatu tujuan
untuk mencapai sasaran kepuasan. Jadi motivasi adalah proses untuk mempengaruhi
seseorang agar melakukan sesuatu yang diinginkan.
E. Tujuan motivasi konsumen
Tujuan
motivasi konsumen :
1.
meningkatkan kepuasan
2.
mempertahankan loyalitas
3.
efisiensi
4.
efektivitas
5.
menciptakan suatu hubungan yang harmonis antara produsen atau penjual dengan
pembeli atau konsumen.
KEPRIBADIAN,
NILAI, GAYA HIDUP
Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik psikologis
seseorang yang menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon
lingkungannya(Schiffman dan Kanuk,2000). Berdasarkan definisi ini maka bias
disimpulkan bahwa yang ditekankan adalah karakter-karakter internal termasuk
didalamnya berbagai atribut,sifat,tindakan yang membedakan dengan orang lain.
Dimensi kepribadian :
1. ekstraversi
2. sifat menyenangkan
3. sifat mendengarkan kata hati
4. kemantapan emosional
5. keterbukaan terhadap pengalaman
1. ekstraversi
2. sifat menyenangkan
3. sifat mendengarkan kata hati
4. kemantapan emosional
5. keterbukaan terhadap pengalaman
Nilai
Pola yang dapat kita lihat dari nilai adalah
perubahan perilaku dan alas an seseorang dalam membelanjakan uang atau
sumberdaya yang mereka kelola dan mereka miliki. Semakin tinggi mereka
menilai dari suatu barang dan jasa terhadap kehidupan,maka akan makin tinggi
pula apresiasi mereka dalam memandang barang dan jasa tersebut dari segi
konsumsi.
Gaya Hidup
Gaya hidup menurut Plummer (1983)
gaya hidup adalah cara hidup individu yang di identifikasikan oleh bagaimana
orangmenghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting
dalam hidupnya(ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia
sekitar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar